Aug 27, 2016

Pelaksanaan Guru Pembelajar Moda Daring

Pelaksanaan Guru Pembelajar Moda Daring




Pelaksanaan Guru Pembelajar Moda Daring
Pelaksanaan GP Moda Daring adalah proses pembelajaran dan peningkatan kompetensi guru secara daring sebagai tindak lanjut dari hasil UKG. Hasil UKG akan mengindikasikan kelompok kompetensi apa yang akan diikuti oleh guru dalam GP Moda Daring.

Guru sebagai peserta melakukan pembelajaran secara daring dan dapat berinteraksi dengan pengampu dan atau mentor, serta sesama peserta GP Moda Daring lainnya. Pada GP Moda Daring Kombinasi, peserta dapat mengadakan pertemuan tatap muka dengan peserta lainnya di pusat belajar yang telah ditentukan, dengan difasilitasi oleh mentor. Interaksi pada pembelajaran GP Moda Daring, baik pada saat daring maupun tatap muka akan membentuk komunitas belajar (community of learners).


Pengampu, Mentor, Peserta dan Admin
Pengampu dalam pelaksanaan GP Moda Daring adalah widyaiswara/Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP)/dosen/fungsional umum yang menjadi pengembang modul GP Moda Daring, yang telah lulus ToT Narasumber Nasional/Pengampu.

Mentor adalah guru yang telah mengikuti UKG dan memenuhi kriteria :

  1. Pada peta kompetensi hasil UKG-nya terdapat 8 (delapan) hingga 10 (sepuluh) kelompok kompetensi di atas KCM.
  2. Khusus untuk GP Moda Daring Model 2, guru yang dijadikan sebagai mentor dipilih dari guru yang telah memenuhi kriteria pada poin a dan memiliki nilai UKG tertinggi diantara calon mentor yang guru binaannya akan digabung untuk mengikuti GP Moda Daring Model 2.
  3. Telah lulus ToT Instruktur Nasional/Mentor.
  4. Memiliki kemampuan dasar TIK (pengolah kata/ word processor. pengolah data/ spreadsheet, presentasi/ powerpoint, penggunaan internet - email/ surel, browsing, download/ unduh dan upload/ unggah data).
  5. Bersedia melaksanakan pembelajaran menggunakan moda daring dengan kemauan dan komitmen yang tinggi.

Peserta GP Moda Daring
Peserta yang akan mengikuti GP Moda Daring adalah guru yang :

  1. Peta kompetesi dari hasil UKG-nya menunjukkan terdapat nilai di bawah KCM pada 3 (tiga) hingg 7 (tujuh) kelompok kompetensi.
  2. Berada di wilayah yang tersedia akses/jaringan internet.

Admin
Admin pada GP Moda Daring terdiri atas satu orang koordinator admin LMS P4TK dan beberapa admin kelas. Koordinator admin LMS P4TK adalah tim pengembang sistem GP Moda Daring dan menguasai LMS yang digunakan. Sedangkan admin kelas adalah orang yang ditugaskan oleh UPT untuk membantu peran koordinator admin LMS P4TK dalam sisi teknis pelaksanaan GP Moda Daring di UPT masing-masing. Jumlah admin kelas dapat disesuaikan dengan kebutuhan UPT.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan GP Moda Daring
GP Moda Daring dilaksanakan dengan pola 60 JP (6 minggu). Waktu pelaksanaan GP Moda Daring ditetapkan oleh masing-masing UPT.
Tempat kegiatan pendampingan dan tatap muka antara mentor dengan peserta pada GP Moda Daring Kombinasi dilakukan di Pusat Belajar sesuai kesepakatan antara mentor dan peserta. Pusat Belajar dapat menggunakan :
  1. Kelompok Kerja Guru (KKB)/ Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)/ Gugus Belajar di Kabupaten/Kota, atau
  2. Tempat Uji Kompetensi (TUK) di Kabupaten/Kota, atau
  3. Sekolah tempat peserta bertugas mengajar.






No comments:

Post a Comment