Oct 4, 2015

Latihan Soal Jawab UKG PKn SMP/MTs 2015

LATIHAN SOAL - JAWAB
UJI KOMPETENSI GURU (UKG) ONLINE TAHUN 2015
MATA PELAJARAN PKN SMP/MTS


KOMPETENSI PROFESIONAL
  1. Mata pelajaran PKn merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan ...
    1. hak asasi manusia
    2. hak-hak dan kewajibannya
    3. kebebasan pribadinya
    4. kepentingannya
  2. Mata pelajaran PKn merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara Indonesia yang ...
    1. cerdas, terampil, dan berkarakter
    2. cerdas, berbudi, dan berbudaya
    3. disiplin, jujur dan demokratis
    4. kritis, kreatif, dan inovatif
  3. Mata pelajaran PKn adalah program pendidikan yang berintikan demokrasi politik yang diperluas dengan hal-hal berikut ini, kecuali ...
    1. sumber-sumber pengetahuan lainnya
    2. kepentiangan politik pemerintah yang berkuasa
    3. pengaruh positif dari pendidikan sekolah
    4. masyarakat dan orangtua
  4. Berikut ini merupakan unsur-unsur yang terkait dengan pengembangan PKn, kecuali ...
    1. Hubungan pengetahuan intraseptif (intraceptive knowledge) dengan pengetahuan ekstraseptif (extraceptive knowledge) atau antara agama dan ilmu.
    2. Kebudayaan Indonesia dan tujuan pendidikan nasional.
    3. Disiplin ilmu pendidikan, terutama psikologi pendidikan.
    4. Kebijakan yang diambil oleh lembaga-lembaga internasional.
  5. Mewujudkan masyarakat demokratis merupakan reaksi atas kesalahan paradigma lama yang masih menggunakan istilah PPKn. Ini merupakan ...
    1. visi PKn
    2. misi PKn
    3. tujuan PKn
    4. fungsi PKn
  6. Berdasarkan praktik pendidikan selama ini PKn di Indonesia ternyata tidak hanya menggambarkan misi sebagai pendidikan demokrasi. Berikut ini merupakan misi PKn, kecuali ...
    1. sebagai pendidikan kewarganegaraan dalam arti sesungguhnya yaitu civic education.
    2. sebagai pendidikan nilai dan karakter
    3. sebagai pendidikan bela negara
    4. sebagai pendidikan kaderisasi politik
  7. Pendidikan Kewarganegaraan sebagai salah satu mata pelajaran wajib di tingkat pendidikan dasar dan menengah memiliki tujuan untuk ...
    1. mengembangkan peserta didik secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan pada karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya.
    2. berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan mengesampingkan teknologi informasi dan komunikasi.
    3. berpartisipasi secara bermutu dan bertanggung jawab dalam mengembangkan kehidupan demokrasi pada lingkungannya saja.
    4. berfikir kritis dan rasional terhadap dampak teknologi informasi dan komunikasi.
  8. Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan sebagai pendidikan demokrasi adalah ...
    1. untuk mendidik generasi muda menjadi warga negara yang kritis.
    2. untuk menumbuhkan sikap warga negara yang agresif.
    3. untuk mendidik generasi muda menjadi warga negara yang demokratis dan partisipatif.
    4. untuk mencetak kader bangsa yang apatis.
  9. Secara umum, tujuan PKn akan harus ajeg dan mendukunung keberhasilan pencapaian ...
    1. tugas pemerintah
    2. tujuan pendidikan nasional
    3. cita-cita pendiri negara
    4. cita-cita peserta didik
  10. Secara khusus, PKn memiliki tujuan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki ...
    1. semangat dan cita-cita yang tinggi
    2. berakhlak dan berkarakter kuat
    3. rasa kebangsaan dan cinta tanah air
    4. rasa percaya diri dan tangguh
  11. Berikut ini merupakan landasan hukum mata pelajaran PKn di persekolahan, kecuali ...
    1. UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
    2. PP No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
    3. Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
    4. Permendiknas No. 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan
  12. PKn merupakan salah satu mata pelajaran wajib dimuat dalam setiap kurikulum pendidikan dasar dan menengah sebagaimana ditetapkan pada ...
    1. UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
    2. PP No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
    3. Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
    4. Permendiknas No. 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan
  13. PKn berfungsi sebagai wahana untuk membentuk warga negara yang cerdas, terampil, berkarakter yang setia kepada Negara Indonesia dengan merefleksikan dirinya dalam kebiasaan berfikir dan bertindak sesuai denan ...
    1. cita-cita luhur bangsa
    2. amanat Pancasila dan UUD 1945
    3. tujuan negara dan bangsa
    4. norma yang berlaku
  14. Berikut ini merupakan fungsi mata pelajaran PKn, kecuali ...
    1. membina kesadaran hubungan antara suku bangsa dan umat beragama yang berbeda.
    2. mengembangkan dan melestarikan nilai moral Pancasila secara dinamis dan terbuka.
    3. mengembangkan dan membina manusia Indonesia seutuhnya yang sadar politik dan konstitusi.
    4. membina pemahaman dan kesadaran terhadap pendidikan pedahuluan bela negara.
  15. Nilai moral Pancasila yang dikembangkan mampu menjawab tantangan perkembangan yang terjadi dalam masyarakat, tanpa kehilangan jatidiri sebagai bangsa Indonesia yang merdeka, bersatu dan berdaulat. Ini berarti nilai moral Pancasila bersifat ...
    1. relatif dan berubah
    2. mutlak dan logis
    3. dinamis dan terbuka
    4. pragmatis
  16. Dengan menguasai PKn, kita dapat mengembangkan kemampuan-kemampuan sebagai berikut, kecuali ...
    1. Berfikir secara kritis, rasional dan kratif dalam menghadapi berbagai masalah kewarganegaraan.
    2. Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab serta bertindak secara cerdas dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
    3. Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup secara berdampingan dengan sesama.
    4. Berinteraksi dengan bangsa-bangsa maju dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan meniru kemajuan mereka.
  17. Mata pelajaran PKn memiliki fungsi atau bermanfaat sebagai ...
    1. sarana mengembangkan potensi individu warga negara Indonesia agar memiliki wawasan, sikap dan keterampilan kewarganegaraan yang memadai.
    2. wahana untuk membentuk warga negara yang cerdas, terampil dan berkarakter yang setia kepada bangsa dan negara Indonesia.
    3. media untuk menyampaikan program dan kebijakan pemerintah kepada peserta didik sebagai bagian dari warga negara Indonesia.
    4. sarana menyampaikan informasi tentang keberhasilan-keberhasilan yang telah dicapai oleh pemerintah kepada masyarakat.
  18. Materi pokok mata pelajaran PKn meliputi hal-hal sebagai berikut, kecuali ...
    1. pengetahuan kewarganegaraan
    2. keterampilan kewarganegaraan
    3. kebiasaan kewarganegaraan
    4. karakter/nilai kewarganegaraan
  19. Untuk mencapai tujuan pembelajaran PKn ada delapan materi pokok standar isi mata pelajaran PKn antara lain sebagai berikut, kecuali ...
    1. organisasi sosial dan partai politik
    2. norma, hukum dan peraturan
    3. hak asasi manusia dan globalisasi
    4. Pancasila dan Konstitusi Negara
  20. Jika dipilah-pilah dari kedelapan materi pokok ke dalam SK dan KD PKn, maka dimensi pembelajarannya mencakup aspek kajian berikut ini, kecuali ...
    1. sosial budaya Indonesia
    2. politik kenegaraan
    3. hukum dan konstitusi
    4. nilai moral Pancasila
  21. Hidup gotong-royong, harga diri sebagai warga masyarakat, kebebasan berorganisasi, kemerdekaan mengerluarkan pendapat, menghargai keputusan bersama, prestasi diri, persamaan kedudukan warga negara termasuk pada topik / ruang lingkup kajian ...
    1. hak asasi manusia
    2. kebutuhan warga negara
    3. kepentingan bangsa
    4. konstitusi negara
  22. Sebagaimana lazimnya suatu bidang studi yang diajarkan di sekolah, struktur keilmuan mata pelajaran PKn mencakup dimensi berikut ini, kecuali ...
    1. pengetahuan (knowledge)
    2. karakter kewarganegaraan (civic disposition)
    3. keterampilan (skills)
    4. nilai (values)
  23. Telah berkembang wacana tentang PKn paradigma baru (new civic education) yang menyatakan bahwa struktur keilmuan mata pelajaran PKn mencakup dimensi berikut ini, kecuali ...
    1. nilai-nilai kewarganegaraan (civic values)
    2. pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge)
    3. keterampilan kewarganegaraan (civic skill)
    4. watak atau karakter kewarganegaraan (civic disposition)
  24. Yang bukan merupakan materi pengetahuan PKn adalah ...
    1. prinsip-prinsip dan proses demokrasi
    2. lembaga pemerintah dan non pemerintah
    3. pemerintahan berdasar hukum (rule of law)
    4. sejarah perkembangan dunia
  25. Berperan aktif mewujudkan masyarakat madani (civil society), keterampilan mempengaruhi dan monitoring jalannya pemerintahan, dan proses pengambilan keputusan politik, keterampilan memecahkan masalah-masalah sosial, keterampilan mengadakan koalisi, kerjasama dan mengelola konflik, termasuk dimensi ...
    1. pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge)
    2. karakter kewarganegaraan (civic disposition)
    3. keterampilan kewarganegaraan (civic skill)
    4. nilai-nilai kewarganegaraan (civic values)
  26. Dimensi nilai-nilai kewarganegaraan (civic values) mencakup antara lain ...
    1. percaya diri, komitmen, demokratis, toleransi, kebebasan individual.
    2. proses pengambilan keputusan politik, keterampilan memecahkan masalah-masalah sosial.
    3. prinsip-prinsip dan proses demokrasi, identitas nasional.
    4. hak dan kewajiban warga negara, hak asasi manusia, hak sipil, dan hak politik.
  27. Isi pengetahuan (body of knowledge) dari mata pelajaran PKn diorganisasikan secara interdisipliner dari ...
    1. seluruh peraturan perundang-undangan RI di tingkat nasional dan daerah.
    2. berbagai disiplin ilmu-ilmu sosial dan berbagai bahan kajian lainnya.
    3. perkembangan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
    4. situasi politik yang terjadi secara nasional maupun internasional.
  28. Kompetensi untuk menguasai pengetahuan kewarganegaraan diwujudkan dengan ...
    1. memahami tujuan pemerintah dan prinsip-prinsip dasar konstitusi pemerintahan RI.
    2. mengambil atau menetapkan keputusan yang tepat melalui proses pemecahan masalah dan inkuiri.
    3. memahami, menghayati dan menerapkan nilai-nilai budi pekerti, demokrasi, HAM, dan nasionalisme.
    4. memahami bagaimana warga negara melaksanakan peranan, hak dan tanggung jawab personal untuk berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat.
  29. Kompetensi untuk menghayati dan mengembangkan nilai-nilai dan karakter kewarganegaraan diwujudkan dengan ...
    1. memahami dan menerapkan prinsip-prinsip hak asasi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
    2. mengetahui hubungan negara dan bangsa Indonesia dengan negara dan bangsa lain.
    3. mengambil atau menetapkan keputusan yang tepat melalui proses pemecahan masalah dan inkuiri.
    4. membela dan mempertahankan posisi dengan mengemukakan argumen yang kritis, logis dan rasional.
  30. Kompetensi untuk memiliki keterampilan kewarganegaraan diwujudkan dengan ...
    1. mengetahui struktur, fungsi dan tugas pemerintah daerah dan pemerintah pusat.
    2. memberdayakan dirinya sebagai warga negara yang independen, aktif, kritis, dan bertanggung jawab.
    3. memahami, menghayati dan menerapkan nilai-nilai budi pekerti, demokrasi, HAM, dan nasionalisme.
    4. menentukan dan mengambil sikap guna mencapai suatu posisi tertentu.
  31. Menurut Aristoteles, manusia itu adalah zoon politicon, artinya bahwa menurut kodratnya manusia itu adalah ...
    1. makhluk yang bisa berfikir
    2. makhluk yang bisa bicara
    3. makhluk sosial/bermasyarakat
    4. pribadi yang istimewa
  32. Dinamika kehidupan masyarakat menuntut cara berperilaku antara satu dengan yang lainnya untuk mencapai ...
    1. pujian
    2. penghormatan
    3. ketertiban
    4. kebebasan
  33. Mutu, kualitas atau harga dari sesuatu disebut ...
    1. nilai
    2. moral
    3. norma
    4. hukum
  34. Sesuatu dikatakan bernilai apabila sesuatu itu sebagai berikut, keculai ...
    1. menyenangkan
    2. berguna
    3. mewah
    4. menarik
  35. Berikut ini adalah pembagian nilai menurut Prof. Dr. Notonegoro, kecuali ...
    1. material
    2. sakral
    3. vital
    4. kerohanian
  36. Kaidah atau aturan yang berisi petunjuk penting tentang tingkah laku yang wajib dilakukan dan atau tidak boleh dilakukan oleh manusia adalah ...
    1. etika
    2. hukum
    3. adat
    4. norma
  37. Dibawah ini merupakan unsur-unsur norma, kecuali ...
    1. kumpulan peraturan tingkah laku
    2. berisi perintah dan larangan
    3. untuk kepentingan pemerintah
    4. ada sanksi/hukuman bagi yang melanggar
  38. Kegiatan atau perilaku warga masyarakat yang dilakukan secara berulang-ulang yang dibenarkan secara umum disebut ...
    1. nilai
    2. norma
    3. kebiasaan
    4. adat istiadat
  39. Dibawah ini merupakan contoh kebiasaan yang ada pada masyarakat, kecuali ...
    1. minta nasihat orang tua
    2. mudik saat idul fitri
    3. saling memaafkan setelah idul fitri
    4. menyembelih hewan kurban
  40. Suatu kebiasaan akan menjadi hukum kebiasaan apabila memenuhi syarat berikut, kecuali ...
    1. ada serentetan sikap tindak sejenis yang jumlahnya tergantung keadaan.
    2. menolak segala perkembangan yang baru
    3. kebiasaan yang lama itu merupakan kebiasaan masyarakat suatu bangsa atau golongan yang dapat mewakili bangsa atau golongan itu.
    4. kebiasaan yang lama itu harus berdasarkan atas kesadaran hukum.
  41. Pola perilaku berulang-ulang yang kuat integrasinya dengan pola-pola perilaku masyarakat, sehingga apabila ada pelanggaran akan menimbulkan adanya sanksi sosial ...
    1. adat-istiadat
    2. etika
    3. norma
    4. hukum
  42. Dibawah ini merupakan kesamaan antara norma, kebiasaan dan adat istiadat, kecuali ...
    1. aturan yang berlaku dalam masyarakat
    2. menjamin tata tertib
    3. ada sanksi yang tegas
    4. mengandung perintah dan larangan
  43. Dibawah ini adalah perbedaan antara kebiasaan dan adat-istiadat, kecuali ...
    1. kebiasaan bersumber dari pola perilaku yang berulang-ulang, sedangkan adat istiadat bersumber dari sesuatu yang dianggap sakral (suci)
    2. kebiasaan daya ikatnya tidak bisa dipaksakan, sedangkan adat istiadat kuat integrasinya dengan perilaku masyarakat.
    3. kebiasaan merupakan tradisi yang turun-temurun, sedangkan adat istiadat bukan merupakan tradisi.
    4. kebiasaan tidak memiliki sanksi yang tegas, sedangkan adat istiadat mempunyai sanksi sosial tertentu.
  44. Berikut ini merupakan unsur-unsur dari pengertian peraturan, kecuali ...
    1. suatu tatanan yang berisi petunjuk, kaidah atau ketentuan.
    2. dibuat untuk mengatur.
    3. dibuat agar ditaati untuk menciptakan suasana yang tertib.
    4. dimaksudkan untuk kepentingan pemerintah.
  45. Berikut ini merupakan Peraturan Perundang-undangan menurut UU No. 12 Tahun 2011 Pasal 7 ayat (1), kecuali ...
    1. UUD 1945
    2. Keputusan MPR
    3. Undang-Undang/Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang
    4. Peraturan Pemerintah
  46. Kalau nilai mempengaruhi perilaku manusia, maka norma, kebiasaan, adat istiadat dan peraturan bertujuan untuk mewujudkan dan mempertahankan ...
    1. kekuasaan pemerintah
    2. nilai yang berlaku dalam masyarakat
    3. kepentingan tokoh masyarakat
    4. kepentingan individu
  47. Hubungan antara norma, kebiasaan, adat istiadat dan peraturan yang tidak dapat dipisahkan itu memiliki kesamaan, kecuali ...
    1. merupakan aturan yang berlaku dalam kehidupan masyarakat.
    2. untuk menjamin tata tertib.
    3. mengandung perintah dan larangan.
    4. memiliki sanksi yang tegas.
  48. Berikut ini adalah macam-macam norma yang berlaku di masyarakat, kecuali ...
    1. agama
    2. kepercayaan
    3. hukum
    4. kesusilaan
  49. Pandangan hidup manusia yang bersumber dari Tuhan YME disebut norma ...
    1. agama
    2. kepercayaan
    3. hukum
    4. kesusilaan
  50. Berikut ini adalah contoh norma agama, kecuali ...
    1. perintah puasa di bulan Ramadhan
    2. berbakti kepada kedua orang tua
    3. membayar pajak
    4. membayar zakat

Itulah sebagian Latihan Soal-Jawab PKG PKn SMP/MTs yang saya kembangkan berdasarkan kisi-kisi dan kumpulan soal UKG tahun-tahun sebelumnya. Latihan Soal-Jawab PKG PKn SMP/MTs seluruhnya sebanyak 112 halaman.
Bagi yang berminat silahkan menghubungi Admin SGB.

                    No comments:

                    Post a Comment